5 Langkah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Hallo, para Entrepreneurs! masih semangat kan belajar digital marketingnya? Apalagi untuk anda yang ingin bisnis online pemula, pasti semangatnya masih menggebu-gebu, kan?

Nah! untuk anda pebisnis online pemula, kami punya tips berjualan online yang efektif, nih! Ada yang bilang jualan online tidaklah semudah apa yang banyak orang pikirkan. Tapi sebenarnya juga tidak serumit yang banyak orang katakan.

Pertanyaannya, berapa banyak kah orang yang menggunakan internet? Sangat banyak bukan? Hal itu membuat pebisnis semakin memiliki banyak peluang dan kesempatan untuk mendapatkan calon konsumennya. Jadi, sayang sekali jika Anda memiliki produk namun belum dipasarkan melalui media online.

Kami akan membagikan tips berjualan online. Jangan lupa untuk langsung dipraktikan ya. Oke, simak  5 langkah berikut!

Langkah Memulai Jualan Online Untuk Pemula

1. Tentukan Produk yang Akan Anda Jual secara online

Pernah dengar istilah “Produk dengan kualitas baik akan me-marketing-kan dirinya sendiri”. Jadi anda harus menentukan produk yang benar-benar memiliki kualitas baik. Untuk menentukan produk, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Yaitu dengan melihat kualitas produk itu sendiri dan melihat bagaimana produk itu dipasaran. Nah anda bisa melakukan riset terkait produk. pasar dan tes market terlebih dahulu.

a. Lakukan Riset produk

Anda bisa memulai dengan melihat bahan apa yang digunakan dalam pembuatan dan bagaimana proses pembuatannya dan seperti apa hasilnya. Setelah itu mintalah  penilaian kepada beberapa orang dekat untuk menilai tentang kualitas dari produk yang akan Anda jual tersebut.

b. Lakukan riset pasar

Anda bisa menanyakan kepada beberapa orang tentang kualitas produk yang sudah pernah mereka beli sebelumnya.  Apa saja kelebihan dan kekurangannya, bagaimana harganya? bagaimana kualitas kertas yang digunakan dan pertanyaan-pertanyaan lain yang Anda butuhkan?

5 Langkah

c. Lakukan tes market

Lihat hasilnya, jika tes penjualan yang Anda lakukan melebihi 50% dari target penjualan dengan waktu yang relatif singkat, Artinya produk yang akan Anda jual memang diserap dan dibutuhkan oleh pasar.

2. Tentukan mekanisme penjualan

Mekanisme penjualan akan sangat mempengaruhi keberhasilan strategi promosi online yang akan Anda lakukan nantinya. Ada beberapa metode :

a. Sistem Pre-Order

Pada sistem ini Anda akan membuat produk dalam jumlah yang sesuai dengan pesanan, jadi bisa meminimalisir barang sisa, Anda tidak membutuhkan modal, karena pembeli yang melakukan pre-order akan membayar terlebih dahulu yang jumlahnya sesuai dengan kesepakatan di awal.

b. Sistem Stok barang

Artinya produk selalu ready stok dan kita tinggal menjual barang yang sudah ada. Ada beberapa kelemahan jika kita stok barang. Misalnya ada beberapa jenis produk yang sepi peminat, misalnya untuk produk fashion, karena masalah motif, warna atau ukuran barang yang tidak banyak peminat.

c. Dropshiper/ reseller

Sistem dropship dan reseller menjadi cara alternatif. Terutama bagi Anda yang tidak memiliki modal yang cukup untuk membuat produk atau menyetok produk. Sistemnya, Anda menjualkan barang milik orang lain, jika ada yang memesan produk tersebut, Anda harus menghubungi penjual dan penjual akan langsung mengirimkan produk tersebut langsung kepada pembeli Anda.

3. Gunakan Website atau gunakan Website Marketplace atau keduanya

a. Bangun website penjualan

Bagi pemula, saya menyarankan jika Anda sedang terjun di jualan online, buatlah website Anda dalam bentuk landing page. Isinya berupa copywriting penawaran produk, kelebihan produk, harga.  Arahkan pengunjung website Anda menghubungi Anda melalui No. Telephon, Akun media sosial atau email.

Website di sini hanya sebagai landing pengunjung dan sebagai media penawaran, memudahkan pengunjung melihat produk Anda. Memudahkan calon pembeli melihat harga, kelebihan dan kekurangan produk yang Anda miliki Setelah itu mereka akan menghubungi Anda melalui nomor kontak yang disediakan.

b. Gunakan marketplace

Marketplace berfungsi menjangkau market yang lebih luas, memperbanyak penjualan, serta membangun branding jualan online Anda. Karena marketplace seperti bukalapak, tokopedia, Shopee sudah memiliki jangkauan yang sangat luas dengan pengunjung yang sangat banyak, maka manfaatkanlah! Tapi dengan menggunakan marketplace, pastikan anda meriset produk dan kompetitor terlebih dahulu ya!

Baca Juga: Cara Mudah Meriset Produk Bisnis Anda

4. Bangun promosi melalui media sosial

Buatlah promosi dengan konten yang menarik pada akun social media anda seperti instagram dan facebook. Anda dapat membagikan informasi terkait produk seperti harga, kelebihan dari produk anda, testimoni dari pembeli hingga informasi terkait merek bisnis anda, melalui media sosial juga anda bisa berinteraksi langsung dengan para calon konsumen, sehingga ini akan memudahkan anda untuk mempromosikannya.

5. Manfaatkan konten marketing Online

Konten marketing bisa berupa artikel informasi, artikel panduan akan sesuatu yang bermanfaat dan berhubungan dengan produk yang akan anda jual secara online. Misalnya, Jika produk anda adalah alat musik, maka anda dapat membuat artikel atau video panduan cara bermain gitar.

KESIMPULAN

Nah! itulah 5 tips berjualan online yang bisa anda praktikan langsung mulai dari riset hingga tips memanfaatkan konten marketing untuk bisnis anda! Pastikan bahwa bisnis yang anda bangun menerapkan tips di atas ya untuk bisa bersaing dengan kompetitor di era digital ini.

Dan untuk pemula yang ingin belajar Digital Marketing dari Dasar bisa klik DISINI.

Leave a Reply