Marketing Mix adalah serangkaian tindakan atau cara yang digunakan oleh bisnis untuk menjual produk atau layanan kepada sasaran pelanggannya. Neil Borden menjelaskan bahwa pemasaran berisi tentang produk, harga, perencanaan, tampilan, branding, pengemasan, iklan, promosi, dan penjualan pribadi.

Mengenal Marketing Mix Dan Pentingnya Untuk Bisnis

Namun, seiring berkembangnya zaman dan era teknologi yang ada saat ini, mengalami beberapa modifikasi dan penambahan elemen dari para ahli. Tak lama pada tahun 1981-an, konsep marketing mix diperbaharui oleh Boom & Bitner, dengan menambahkan tiga konsep yakni people, process dan physical evidence.

Berikut ini adalah 7P Service Marketing Mix yang bisa Anda ketahui untuk membantu Bisnis Anda lebih baik:

  1. Product (Produk/Jasa)

Saat merencanakan suatu bisnis, pengusaha harus menempatkan dirinya dalam posisi konsumen agar mengerti apa yang dibutuhkan melalui produk yang diciptakan.

Sebaiknya, sebelum membuat produk, pebisnis melakukan riset atau mengidentifikasi dahulu kira-kira melalui produk yang ada, apa yang diharapkan oleh konsumen dan manfaat serta fitur apa saja yang akan diusung. Oleh karena itu perhatian khusus harus diperhatikan dengan sangat baik saat merancang hal ini.

  1. Price (Harga)

Harga merupakan peran penting dalam sebuah produk atau layanan sebuah bisnis. Harga juga dapat membuat persepsi pelanggan dalam membuat keputusan pembelian.

Fokus sebuah bisnis adalah bagaimana caranya agar harga yang ditawarkan dapat membuat calon pelanggan merasa pengeluarannya sesuai dengan produk atau layanan apa yang akan dia dapatkan.

  1. Place (Tempat)

Tempat atau distribusi mengacu pada bagaimana produk bisa tersedia bagi konsumen. Pebisnis harus memikirkan di mana kira-kira produk dipasarkan, didistribusikan atau ditempatkan agar produk mudah terakses oleh konsumen. Anda perlu betul-betul mengetahui di mana target pelanggan anda menghabiskan waktu dan berbelanja.

Dengan demikian, produk atau jasa yang anda jual berkesempatan lebih banyak untuk ditemukan dan dibeli pelanggan. 

Anda juga bisa melakukan direct selling dengan bertemu langsung untuk menjual produk kepada pelanggan.

  1. Promotion (Promosi)

Pemasaran tidak akan terlepas dari promosi. Promosi termasuk bagaimana anda menyampaikan pesan kepada para pelanggan. Kenali betul seperti apa gaya promosi dan komunikasi yang pelangganmu sukai.

  1. People (Sumber Daya Manusia)

Dalam konsep 7P selanjutnya yang sempat ditambahkan oleh Boom & Bitner menganggap bahwa keberadaan orang atau staf pekerja juga teramat penting dalam proses pemasaran.

Sebab, para karyawan inilah yang berperan aktif menawarkan produk atau layanan tersebut kepada konsumen.

Karena itu, penting bagi perusahaan untuk merekrut karyawan yang dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan, guna bisnis tak kehilangan pelanggan potensial.

  1. Process (Proses)

Proses adalah unsur keenam dalam konsep marketing mix. Unsur ini juga mencakup pelayanan dan proses transaksi antara perusahaan dan pelanggan. Lakukanlah evaluasi di setiap tahapnya untuk meningkatkan brand awareness hingga jumlah pembelian.

  1. Physical Evidence (Bukti Fisik Perusahaan)

Konsep 7P lain dalam marketing mix adalah mencakup bentuk fisik yang mengacu pada lingkungan di mana produk ada.

Contoh bentuk fisik ini menjelaskan tentang kebenaran adanya produk atau perusahaan tersebut, dengan ditunjukkan melalui brosur, situs perusahaan, kartu nama dan sebagainya.

Atau anda bisa mengambil contoh hotel, dimana bentuk fisiknya berupa gedung yang dalamnya diisi dengan berbagai macam perabotan, dekorasi, pencahayaan, fasilitas restoran, kolam renang dan staf hotel yang siap melayani pelanggan.

Baca Juga: INI CARA MENENTUKAN HARGA PRODUK

KESIMPULAN

Nah, itu dia 7P Service Marketing Mix yang wajib anda implementasikan di bisnis Anda. Untuk mengimplementasikan dan mewujudkan tindakan di atas tentunya butuh perencanaan yang matang agar tindakan di atas bisa efektif dan bisnis anda dapat berkembang dengan baik.

Semoga Informasi ini bermanfaat dan jika Anda tertarik untuk belajar Digital Marketing lebih dalam lagi bisa KLIK DI SINI.

Leave a Reply