Perbedaan antara Media Social Marketing dan Influencer Marketing adalah bahwa Media Social Marketing adalah proses Brand ke Pelanggan sedangkan Influencer Marketing adalah proses Brand – Perantara – Pelanggan.

Media Social Marketing dilakukan melalui berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Pinterest, dll.

Perbedaan Influencer Marketing vs Social Media Marketing

Di sini Brand langsung mempostingnya di akun mereka. Mereka memilih iklan berbayar yang akan menjangkau banyak orang atau menggunakan tagar yang relevan untuk membuat postingan mereka menjangkau orang-orang.

Dalam Influencer Marketing, prosedur yang sama dilakukan, tetapi dengan perantara. Di sini merek mendekati influencer yang memiliki dampak besar di antara audiens target mereka dan meminta mereka untuk memposting produk mereka di akun/halaman media sosial mereka.

Keberhasilan sebuah perusahaan didasarkan pada dampak besar yang mereka miliki terhadap pelanggan. Dengan munculnya teknologi dan media sosial, ini menjadi sangat sederhana dibandingkan dengan PR tradisional.

Namun, ada dua cara untuk menjangkau orang. Salah satunya adalah pemasaran melalui Media Social. Yang kedua adalah melalui Influencer Marketing. Keduanya mungkin terdengar sama, tetapi ada perbedaan besar di antara mereka.

Apa itu Media Social Marketing?

Media Social Marketing tidak lain adalah kurasi konten produk Anda untuk menjangkau pelanggan. Konten memainkan peran utama di sini. Konten berbeda dari satu platform ke platform lainnya.

Media Social Marketing terkadang diinginkan untuk menumbuhkan lalu lintas di situs web mereka. Ketika strategi diikuti secara ketat oleh manajer akun, maka bentuk keterlibatan audiens tercapai. Pembisnis harus memastikan bahwa mereka memposting secara berkala untuk membuat publik mengetahui layanan/produk mereka.

Apa itu Influencer Marketing?

Istilah Pemasaran yang Dipengaruhi mungkin tampak seperti kata kunci. Tapi itu sedang tren, Itu terjadi dengan cara yang sama di sini dalam Influencer Marketing. Dapat dikatakan bahwa Influencer Marketing merupakan perpaduan antara traditional marketing dan Digital Marketing.

Di sini Influencer mungkin bukan seorang aktris tetapi mungkin seorang pengusaha pemula atau bintang atau penyanyi atau aktor viral TikTok atau bintang Instagram atau bintang reality show atau blogger atau YouTuber atau siapa saja yang memiliki basis pengikut di (10k-24k) etc.

Sebagian besar Influencer Marketing dilakukan di Instagram karena banyak orang di seluruh dunia menggunakan insta lebih banyak daripada Facebook. Influencer akan membawa produk ke halaman mereka dan membuat konten dan video yang rapi tentang produk. Hal ini juga terjadi di YouTube jika Influencer adalah seorang YouTuber.

Baca Juga: MENGENAL INFLUENCER MARKETING DAN MANFAATNYA

Perbedaan Influencer Marketing dan Social Media Marketing

  1. Dalam Media Social Marketing, satu-satunya pengambil keputusan adalah konsumen. Tetapi dalam kasus pemasaran Influencer Marketing, Influencer memutuskan pembelian produk.
  2. Dalam Media Social Marketing pembisnis harus memiliki akun media sosial. Tetapi dalam kasus lain, pembisnis tidak perlu memiliki akun media sosial.
  3. Waktu yang dibutuhkan produk untuk menjangkau pelanggan lebih sedikit di Influencer Marketing daripada di Media Social Marketing.
  4. Pembisnis tidak perlu membangun banyak pengikut agar Brand dikenal publik dalam hal Influencer Marketing. Tapi itu wajib untuk Media Social Marketing.
  5. Media Social Marketing dapat digunakan untuk B2B dan B2C tetapi Influencer Marketing hanya dapat digunakan untuk B2C.

Kesimpulan

Motif utama pemasaran adalah menjangkau orang. Kedua jenis pemasaran memiliki signifikansi mereka. Tergantung pada jenis bisnis yang Anda lakukan yang menentukan jenis pemasaran yang harus dipilih seseorang.

Jadi seseorang harus pandai memilih jenis pemasaran yang ingin dijalankannya. Buatlah strategi untuk pemasaran. Saat mencoba Influencer Marketing, pastikan untuk mengetahui tentang Influencer yang ada di ceruk pasar Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan Bisnis dengan Digital Marketing pelajari skillnya DISINI

Leave a Reply